Review Marvel Ultimate Alliance 2


Ya, hello thar guys! Bentar lagi lebaran ya? Cuman ada aja macam-macam kejadian selama bulan puasa ini, kejadian bencana alam terutama. Semoga Tuhan yang Mahakuasa memberikan ketabahan bagi orang yang ditinggalkan dan orang yang dinyatakan menghilang dapat ditemukan, amin!

Nah sekarang back to the topic.

mua2_logo

Multiplayer Madness!!

MUA2 ini tidak langsung melanjutkan cerita dari MUA yang pertama. Disini, cerita berawal dari “invasi” Kolonel Nick Fury ke Latveria, markas dari Doctor Doom (yang diceritakan sudah mati pada MUA1). Cerita tersebut berdasarkan cerita seri “Secret War”. Setelah itu, cerita akan beralih ke seri “Civil War”, dimana terjadi bentrok antar pihak pemerintah yang menginginkan semua super-hero didaftarkan kepemerintah yang dipimpin oleh Iron Man dan pihak yang menentangnya, dipimpin oleh Captain America. Pada saat kita harus memilih pihak, terdapat 3 hero yang akan fix ke salah satu pihak seperti Iron Man ke Pro-Registration dan

Spidey + Iron Man

Spidey + Iron Man

Captain America ke Anti-Registration.

Gameplay yang digunakan pun tidak begitu berbeda dari seri pertamanya. Beat-em-up dengan tim yang terdiri dari 4 orang (kadang-kadang ada 1 NPC yang ikut). Bedanya kali ini, 2 super-hero bisa melakukan serangan gabungan yang disebut sebagai Fusion. Contohnya seperti: Wolverine akan menangkis serangan repulsor Iron Man dan menyebabkan lasernya menyerang ke semua arah, The Thing mengambil bongkahan batu besar dari tanah kemudian Deadpool menempelkan ranjau-ranjau dan batu tersebut dilempar kearah musuh, Deadpool dan Wolverine lari bersamaan sambil menyerang dan dapat kita kontrol, dan lain-lain.

Cara menggunakan Fusion juga tidak merepotkan, cukup menahan salah satu tombol pundak (RT untuk Xbox 360) dan pencet tombol tertentu untuk memilih hero yang diinginkan untuk melakukan Fusion. Yah, pokoknya lebih gampang prakteknya daripada membaca tulisan disini! Untuk dapat melakukan Fusion, minimal kita perlu 1 Fusion star. Kita dapat mengisinya dengan menghajar musuh-musuh yang tersedia.

Fusion juga dibagi jadi 3: ada Clearing, Targeted, dan Guided. Clearing merupakan Fusion dengan area-of-effect yang paling besar, Targeted berguna untuk “menargetkan” ke musuh tertentu, dan Guided bisa Anda kontrol kemana fusion tersebut akan berjalan. Ngomong-ngomong tentang Fusion. Fusion memerlukan 2 super-hero untuk saling menggabungkan kekuatan. Dalam MUA2 ini, terdapat 24 karakter playable (3 dapat di unlock dengan mengumpulkan beberapa item, 1 setelah menamatkan game, 1 lagi merupakan karakter pre-order) dan belum termasuk yang eksklusif pada konsol tertentu.

Katanya sih ada multiple ending, tapi saya juga kurang tahu karena baru main sekali. Disebutkan bahwa ending yang didapat akan berbeda, tergantung Anda akan memilih Pro-Registration atau Anti-Registration. Di MUA2 ini juga terdapat branching dialogue, jadi mungkin hal tersebut juga dapat berpengaruh. Tiap-tiap dialog yang dapat dipilih ketika terjadi perbincangan dibagi menjadi 3,

You should put Deadpool to the team. He just LOVE to talk...

You should put Deadpool to the team. He just LOVE to talk...

Aggressive, Diplomatic, dan Defensive. Aggressive untuk kata-kata yang lebih “keras”, Diplomatic yang damai, Defensive yang membela diri. Terkadang ada pula special dialogue, dimana jika karakter yang Anda gunakan memiliki hubungan dengan NPC yang diajak bicara, maka akan ada dialog tambahan.

Yah, game ini memang sangat seru untuk dimainkan, terutama jika Anda membawa 3 orang teman Anda dan/atau Anda seorang fans super-hero, terutama Marvel.

————————————————————-

Score:

Gameplay: 7.5 (Kayak game sebelumnya, cuman ada fusion yang mempercepat “kerjaan”)

Story: 7.5 (Nggak 100% mengikuti Civil War sih, jadi agak kurang seru)

Graphic: 8.0 (Banyak peningkatan dibanding MUA1)

Music & Sound: 7.5 (Lagunya lumayan keren, SE-nya aksi!)

Replay Value: 8.5 (Musti main sama temen! HARUS!)

Overall: 8.0 (Jangan main sendirian, minimal berdua, baru mantap!)

%d blogger menyukai ini: