Review Mass Effect 2


Ya, halo teman-teman! Sudah lama waktu berlalu, ya? Tidak terasa StoPlayinGame sempat absen cukup lama…

Yah, maaf deh. Tapi daripada kelamaan ber”maaf-maaf”an, mending kita baca review game Mass Effect 2 aja yuk? Lanjut!

Mass Effect 2 masih melanjutkan petualangan Commander Shepard, dimana awalnya setelah ia mengalahkan Saren, Sovereign, dan pasukan Geth-nya, ia sedang menjalankan sebuah misi dari Alliance (persatuan manusia) dan tiba-tiba dia diserang pesawat misterius. Setelah menyelamatkan seluruh awak kapal yang belum mati setelah serangan awal, Shepard terlambat menyelamtkan diri dan akhirnya mati–

Mati?!!! Nah, justru dari sini baru cerita Mass Effect 2 semakin seru!

2 tahun setelah kematiannya, tiba-tiba Commander Shepard “terbangun” disebuah instalasi milik organisasi Cerberus, sebuah

organisasi yang ingin mengangkat derajat ras manusia, bagaimanapun caranya. Ternyata selama 2 tahun ini ia telah berusaha “dibangun kembali” oleh Cerberus melalui Project Lazarus, dimana Commander Shepard berhasil dibangun kembali melalui bagian-bagian tubuhnya yang masih tersisa. Shepard dibangun kembali, karena koloni-koloni manusia yang tersebar diseluruh galaksi sedang diserang oleh ras Collector yang ternyata juga menyerang dan membunuh Shepard. Dari sinilah, Shepard kembali menelusuri jagat raya dan kembali membuat sebuah tim untuk menyelamatkan dunia.

Mass Effect 2 sebagai sebuah sekuel berhasil mengolah sistem-sistem lama dan meningkatkannya menjadi sesuatu yang baru, membuatnya seperti game baru bukan hanya sekedar improvement sebuah sekuel. Dan hal itu sama sekali tidak jelek, jadi pemain baru pun bisa dapat menikmati gameplay tanpa harus memainkan yang pertama. Tetapi bagi pemain lama pun tentu dapat merasakan atmosfir baru dari sekuel ini. Selain itu, kelebihan lain bagi pemain lama yaitu mereka dapat melanjutkan cerita karakter lama dan mendapatkan bonus-bonus sesuai dengan status, level, dan juga uang yang telah diperoleh. Dan Anda juga bisa me-load wajah karakter lama Anda, tetapi jika Anda tidak suka dapat diganti lagi. Ingat, Commander Shepard “dibuat ulang” oleh organisasi Cerberus.

Berbicara tentang melanjutkan karakter lama Anda… tentu pada Mass Effect pertama banyak pilihan yang telah Anda buat, bukan? Nah, beberapa pilihan yang telah Anda buat akan cukup berpengaruh di Mass Effect 2 ini, walaupun hanya sekedar muncul wajah-wajah familiar atau mendapat pesan. Tetapi sepertinya ada juga pilihan yang dapat berpengaruh di Mass Effect 3, seperti kebanyakan dari pilihan yang kita buat di Mass Effect 2 ini.

Kali ini, pesawat Normandy telah di-upgrade oleh Cerberus, dan kali ini Shepard mempunyai ruangan sendiri. Di ruangan ini, Anda dapat mendekor ruangan Anda dengan membeli ikan hias, hamster, dan juga koleksi miniatur pesawat. Anda juga dapat menyetel lagu untuk ruangan Anda! Tapi yang paling penting adalah tempat untuk mengkustomisasi armor yang Anda gunakan. Anda dapat mengubah-ubah beberapa bagian armor, seperti: helm, lengan, dada, dan kaki. Tiap-tiap bagian armor dapat Anda temukan maupun membelinya ditoko. Dan kali ini Anda juga dapat mewarnainya sesuai selera Anda!

Selain armor, pesawat dan senjata pun juga dapat di-upgrade. Untuk senjata, Anda dapat menemukan parts dan juga membelinya. Untuk pesawat, seringkali opsi upgrade baru muncul setelah Anda merekrut anggota baru. Untuk meningkatkan kemampuan pesawat, Anda perlu mencari material-material yang dapat Anda temukan ketika misi maupun dengan men-scan sebuah planet.

Lalu kali ini awak kapal Anda juga memiliki misi-misi kecil untuk Anda, begitu pula dengan anggota tim tempur Anda. Ketika Anda berhasil menyelesaikan misi tersebut, mereka akan menjadi loyal. Dan percayalah, Anda akan memerlukannya untuk menamatkan game ini dengan ending terbaik, begitu pula dengan pesawat Anda yang harus sering ditingkatkan kemampuannya. Terdapat beberapa ending dalam game ini: Shepard dan awak kapal berhasil selamat dari pertempuran terakhir, Shepard selamat tetapi beberapa anggota ada yang mati, atau semuanya terbantai. Nah, apa yang Anda lakukan selama jalannya permainan akan menentukan nasib Anda.

Sekarang kita berbicara tentang gameplay. Mass Effect pertama telah berhasil menyuguhkan sistem pertempuran yang cukup intens, tapi dalam Mass Effect 2, pertempuran menjadi lebih halus. Jika dulu senjata hanya over-heat, sekarang diterapkan sistem ammo. Walau begitu, pertempuran tidak akan terganggu karena mendapatkan ammo tidak sulit.

Sistem RPG-nya juga agak dikurangi. Sekarang skill yang ada tidak begitu banyak, tetapi EXP hanya bisa didapatkan setelah menyelesaikan suatu misi, membunuh lawan tidak memberi EXP. Tapi skill Anda pun bisa lebih fokus. Skill dibagi 2: Ammo Power dan Biotic/Tech/Combat ability sesuai dengan class yang Anda pilih. Ammo Power menambahkan efek khusus pada senjata yang Anda gunakan, sementara ability menambahkan efek khusus pada karakter/tim atau untuk menyerang musuh.

Sistem inventory juga dibuat menjadi jauh lebih simpel, khususnya senjata. Senjata-senjata sudah otomatis terbuka semua dan hanya terdapat pilihan untuk meng-upgradenya atau terkadang Anda dapat menemukan senjata baru. Tetapi variasi senjata tidak banyak, seperti halnya game-game Third/First-person shooter: senjata A full-automatic, senjata B semi, dsb.

Pilihan dialog kali ini juga lebih variatif dan secara emosional cukup membuat kita terlarut dalam dunia Mass Effect. Dan seperti game pertamanya, terdapat pilihan Renegade/Paragon. Tapi kali ini Renegade/Paragon bukan tipikal Buruk/Baik. Banyak pilihan Renegade yang justru memberi pilihan yang realistis dan terkadang Paragon terlalu idealis. Jadi terkadang tanpa sadar, kita tidak dapat selalu menjadi “Paragon”, kadang tindakan “Renegade” juga diperlukan. Apalagi kali ini ada semacam sistem “interupsi”. Ketika suatu pembicaraan sedang berlanjut, terkadang muncul sebuah lambang Paragon/Renegade (Paragon dipojok kanan bawah, Renegade pjok bawah kiri) yang jika kita pencet dapat memberikan berbagai macam efek yang juga mempengaruhi tingkat Paragon/Renegade kita dan juga jalannya cerita maupun pembicaraan.

Overall, Mass Effect 2 merupakan sebuah game yang sangat menakjubkan sebagai sebuah sekuel. Anda tidak akan merasakan bermain sebuah sekuel, Mass Effect 2 dapat menyuguhi Anda dengan perasaan bahwa Anda sedang memainkan game baru.

Oh ya, sekedar tambahan. EA kali ini menerapkan sistem baru untuk game-gamenya yang dapat mendukung game-gamenya memiliki masa permainan yang lebih panjang melalui content-content DLC. Jika Anda membeli game original dan masih merupakan game baru, Anda akan mendapatkan sebuah kode untuk mengakses tempat men-download content-content tersebut secara gratis. Tapi bagi pembeli second (dan sepertinya bajakan juga…) harus membayar sekitar 15 USD atau 1200 Microsoft Points.

———————————————————–

Score:

Gameplay: 8.5 (Sayang unsur RPGnya dikurangi…)

Graphic: 9 (Dewa!!)

Story: 8.5 (Melanjutkan cerita prekuelnya, mantap!)

Music & Sound: 9.0 (Lagunya keren! Voice-overnya juga!)

Replay Value: 8.5 (Class yang cukup variatif dan Renegade/Paragon path cukup menarik)

Overall: 9.5 (Wajib beli! Terutama yang sudah main Mass Effect 1!)

1 Response so far

  1. 1

    […] Mass Effect 2 (Xbox 360 dan PC [UPDATE: dan PS3]) […]


Comment RSS

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: