Review Halo Reach Multi-player Beta


Ya, belum lama ini beta test untuk fitur multiplayer Halo Reach telah usai. Dimulai pada tanggal 3 Mei dan berakhir pada 20 Mei, beta test ini menggambarkan banyaknya perubahan baru pada gameplay Halo Reach.

Oh, and it also got jetpacks…

Halo Reach Multiplayer BetaSeperti yang sudah disebutkan diatas, Halo Reach menyediakan berbagai macam hal baru maupun hal lama.

Terdapat senjata-senjata baru maupun senjata lama yang di-tweak dan diberi model baru. Sekarang stationary gun diubah dari gatling gun menjadi heavy machinegun dan bisa overheat jika terus-terusan digunakan. Begitu pula dengan machinegun yang terdapat di tank ataupun warthog. Granat pun kembali hanya menjadi 2 jenis dan masing-masing hanya mampu menampung 2 buah.

Yee-haw!

Nah sekarang sistem-sistem baru yang muncul dalam Halo Reach!

Sistem HP (health point) kembali pada masa-masa Halo: CE maupun Halo 3: ODST. Dibawah shield meter, terdapat bar HP yang akan berkurang setelah shield habis. Shield bisa beregenerasi sementara untuk memulihkan HP, Anda perlu mencari health pack.

Seperti pada Halo 2 dan Halo 3, terdapat 2 karakter berbeda: Spartan dan Elite. Spartan adalah prajurit khusus manusia sementara Elite adalah ras alien musuh. Tapi tidak seperti pada game sebelumnya, kali ini Spartan dan Elite memiliki perbedaan mencolok, Spartan lebih kecil daripada Elite! Perbedaan-perbedaan lain dapat Anda baca dalam sistem-sistem baru lain Halo Reach.

Kali ini melalui tombol melee, Anda dapat melakukan “Assassination”. Dengan menyerang musuh dari belakang dengan menahan tombol melee, animasi Assassination dapat terjadi. Entah Anda menusuk musuh dari belakang dengan sebilah pisau, menimpa kemudian mematahkan leher musuh Anda dari atas, ataupun memukul jatuh musuh yang sedang melompat jika Anda menjadi seorang Spartan. Atau mencengkram leher lawan dan melemparnya atau menginjak kemudian menusukkan semacam pisau ke leher lawan jika Anda menjadi Elite. Keren bukan? Walau begitu, ketika animasi sedang terjadi, Anda hanya dapat “menikmatinya” dan tentu akhirnya dapat menjadi sasaran empuk bagi lawan lain. Sistem ini juga bukan hal baru dalam dunia game, Alien vs Predator dan Gears of War sudah pernah melakukannya.

Yang nge-Assassinate yang ditembakin...

Kemudian ada fitur “Loadout”. Fitur ini agak mengubah permainan Halo karena seperti pada Call of Duty, Anda harus memilih salah satu class yang tersedia dan tentunya tiap-tiap class memiliki senjata berbeda dan kelebihan tertentu. Dan class yang tersedia tergantung kepada gametype yang sedang kita mainkan. Namun masalah senjata, jangan khawatir. Seperti pada game terdahulu, Halo Reach tetap membiarkan senjata-senjata bergeletakan di seluruh penjuru area bermain. Nah, yang agak membedakan adalah kelebihan ini, yang disebut sebagai “Armor Abilities”. Armor Abilities memberikan kemampuan lebih pada karakter, seperti: Jetpack untuk terbang dan Cloaking Device untuk menghilang. Selain 2 itu, Spartan memiliki Armor Abilities khusus: Sprint untuk lari dan Armor Lock yang membuat kita kebal untuk beberapa saat dengan mengorbankan kemampuan berjalan kita. Dan untuk Elite, terdapat Evade, berguling untuk menghindari tembakkan dan melepaskan lock-on senjata pada diri pemain.

Gambar: Jetpack dan Armor Lock

Pada beta test kemarin, saya sempat mencicipi beberapa mode permainan yang akan saya jelaskan poin per poin dibawah ini:

– Grab Bag: dalam mode ini, terdapat mode-mode permainan bersifat objective serta deathmatch biasa yang mengharuskan Anda bermain dalam satu tim. Dan pada minggu terakhir beta test diberikan pilihan Spartan vs Elite

Tipe-tipe permainan yang tersedia:

  • Team Slayer: Permainan team deathmatch standar.
  • King of the Hill: Kuasai area untuk dapatkan poin.
  • Stockpile: Beberapa bendera akan muncul secara acak. Ambil dan bawa ke markas untuk poin.
  • Invasion: tipe permainan objective. Tim Spartan vs tim Elite.
  • Generator Defense: Tim Spartan harus menjaga 3 buah generator dan tim Elite harus menghancurkannya.

– Free for All: dalam mode ini, semua adalah musuh. Membunuh atau dibunuh.

Tipe-tipe permainan yang tersedia:

  • Juggernaut: Salah satu permain akan menjadi “target” dan Anda mendapat poin dari membunuh lawan ketika menjadi “target”. Yang berhasil membunuh Juggernaut akan menjadi Juggernaut.
  • Slayer: Deathmatch free-for-all.
  • Headhunter: Kumpulkan poin dengan membunuh musuh dan mengambil tengkorak yang keluar. Kemudian segera kabur ke “tempat pengumpulan” tengkorak untuk mengubah tengkorak menjadi poin.
  • Oddball: Sebuah tengkorak akan muncul di map. Yang memegangnya dalam waktu terlama, dia yang menang.

– Arena: mode ini mengukur tingkat permainan gamer. Tergantung pada kerjasama tim dan banyaknya Anda membunuh/dibunuh, tingkat Anda bisa naik maupun turun dan kemudian game akan mencocokkan tingkat permainan Anda dengan orang yang setingkat.

Yah, sekian dulu update StoPlainGame dari saya. Bye for now, and don’t forget to take a break!

————————————–

Bungie.net = Website developer Halo

4 Tanggapan so far

  1. 1

    Asop said,

    Wow… Hiks… sayang banget ga ada HALO buat PC…😥

  2. 2

    Unit 076 said,

    @Asop: Halo:CE dan Halo 2 ujung-ujungnya keluar buat PC kok. Mungkin Halo 3 dan Reach bisa keluar di PC juga

  3. 3

    […] yang telah saya bahas pada review Multiplayer Beta pada bulan Mei kemarin, banyak senjata yang di desain ulang maupun senjata-senjata baru. Dan […]

  4. 4

    ibnu said,

    kk tuh permainan dari mana sich


Comment RSS

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: