Review Spider-Man: Shattered Dimensions


So yeah, long time no see folks!

Lebaran udah lewat, TGS udah lewat (masih nyari-nyari trailer buat dipost nih, hahaha), dan acara workshop dengan Ian Livingstone tadi sore juga sudah lewat. Reportase acara itu untuk lain waktu, sekarang saatnya menikmati review! (dan juga karena foto-foto abal masih ada di danjo1402)

Jadi secara garis besar, cerita dalam Shattered Dimensions seperti ini: Ketika Spider-Man berusaha menghentikan Mysterio dalam aksinya merampok sebuah museum, secara tidak sengaja sebuah artefak bernama Tablet of Order and Chaos terpecah-belah dan akhirnya terpental menuju dunia-dunia Spider-Man lain. Dan karena artefak tersebut memiliki kekuatan yang berbahaya, Madame Webb menyuruh para Spider-Man (atau Spider-Men, seperti yang diucapkan Stan Lee dalam game ini) untuk mengumpulkan kembali pecahan-pecahan benda tersebut, dimana para musuh Spider-Man dari tiap dunia berbeda telah berhasil memiliki tiap-tiap pecahan.

Nah, dalam Spider-Man: Shattered Dimensions ini telah disebutkan bahwa kita akan bertualang menuju 4 dunia Spider-Man yang berbeda-beda (walaupun sayangnya bukan menggunakan gameplay sandbox): Amazing, Ultimate, 2099, dan Noir. Dan masing-masing dunia akan memiliki ciri yang cukup berbeda.

Spider-Man Noir = Dumbed-down Batman: Arkham Asylum

Dalam Amazing dan Ultimate, grafis akan dibuat layaknya buku komik. Dan yang membuatnya berbeda, di dunia Amazing kita menggunakan Spider-Man dengan kostum standarnya dan disini kita akan bertarung menggunakan tangan kosong serta kombinasi-kombinasi berbahaya dari jaring laba-laba, dimana Amazing Spider-Man akan membuat sebuah gada maupun palu dari jaringnya untuk menghabisi lawan. Sementara itu di dimensi Ultimate, warna yang digunakan akan lebih kontras dan lebih colorful dan Ultimate Spider-Man akan mengenakan kostum versi symbiote (kostum hitam)nya. Combo-combo yang dibuat juga akan memanfaatkan tentakel-tentakel alien symbiote. Dan karena Ultimate menggunakan symbiote, dia akan dapat mengaktifkan Rage Mode yang dapat diisi dengan menghajar/dihajar musuh. Dalam mode ini, Spider-Man akan menghasilkan damage yang lebih besar.

Kemudian bangunan-bangunan pencakar langit futuristik serta mobil-mobil terbang akan mewarnai dimensi 2099, dimana kali ini Spider-Man bukan lagi Peter Parker melainkan Miguel O’Hara. Dalam 2099, pertarungan akan terasa lebih cepat selain karena combo-combo yang dilancarkan Spider-Man akan memberi fitur dash pada musuh terdekat, Spider-Man 2099 juga dapat mengaktifkan Accelerated Vision, semacam bullet-time. Dalam mode ini lingkungan akan berjalan lambat dan akan sangat berguna untuk menghindari serangan-serangan roket milik musuh. Ada juga sedikit misi terjun bebas ketika Spidey harus mengejar bos ataupun berusaha menuju area lain.

Nah dan dimensi yang paling menarik yaitu Noir, dimana penggunaan bayangan akan sangat ditekankan layaknya game stealth, atau bahkan disini lebih mendekati Batman: Arkham Asylum, dimana untuk menghabisi lawan dengan mudah, Anda harus bersembunyi dibayang-bayang kemudian melakukan takedown. Tidak seperti Spider-Man lain, Noir sangat lemah jika harus menghadapi musuh bersenjata, tapi itu bukan berarti tidak ada aksi tangan kosong yang terlibat, karena dalam beberapa misi, Spider-Man diharuskan melawan beberapa musuh dalam pertempuran jarak-dekat.

My favourite dimension, 2099

Cerita dalam game ini terbagi menjadi 3 chapter, tidak menghitung tutorial dan misi terakhir, dimana tiap chapter akan terbagi menjadi 4 misi untuk masing-masing Spider-Man. Dan tentu saja pada tiap misi akan ada bos yang memegang pecahan Tablet of Order and Chaos yang harus dikalahkan. Walaupun tidak semua boss battle memiliki fitur ini, tetapi ada sedikit tambahan menarik dalam boss battle Shattered Dimensions, yaitu semacam tinju first-person, layaknya game Punch-Out!! Mode ini terkadang muncul saat awal pertempuran, akhir, bahkan ada yang mencapai beberapa kali. Tambahan yang cukup menyenangkan walaupun agak terasa membosankan karena serangan musuh hanya ada 1 tipe dan mudah dihindari dan musuh hanya akan “meludah” ketika terserang tanpa ada bekas-bekas apapun diwajah. Dan berbicara tentang kekurangan, tentu semua game memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali Spider-Man: Shattered Dimensions ini.

Yes, this game got Deadpool in it

Dalam game Spider-Man tentu Anda ingin melakukan aksi-aksi laba-laba yang dapat dilakukan Spidey, bukan? Anda masih bisa melakukan web-swinging, web jump, memanjat dinding, dan sebagainya. Tetapi seringkali level-level game ini tidak mengijinkan Anda melakukannya, entah karena lokasi yang kadang terlalu sempit atau hanya sekedar tantangan untuk menyelesaikan misi tertentu. Anda akan selalu dapat memanjat dinding, tetapi kontrolnya sangat tidak enak. Kadang ketika Anda mau kebawah malah jadi kesamping, kesamping malah keatas, terutama karena kameranya nggak suka kompromi, bergerak sedikit dan auto-center. Hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan memanjat dinding, yah walaupun dinding yang bisa dipanjat juga nggak banyak-banyak amat dan agak pointless untuk melakukannya. Anda juga tidak bisa lompat menjauh dari dinding, ketika Anda melompat maka otomatis Spidey hanya bisa turun kebawah.

Desain level juga seringkali terasa agak berulang-ulang. Dalam beberapa level Anda akan merasa, “Wah, harusnya segmen ini cukup dilakukan sekali saja!”. Karena saya memainkannya tidak non-stop jadi tidak begitu terasa, tapi terlihat jelas bahwa banyak sekali misi yang terasa berulang-ulang. Walaupun begitu, kalau ada level yang keren maka level itu memang kereen banget!

Voice-acting disini juga sudah bagus, sangat bagus malah, dengan semua orang mulai dari Spider-Men dan juga musuh-musuhnya hingga Stan Lee selaku narator. Tapi itu semua “belum cukup”. Spider-Man terkenal akan ledekan-ledekannya yang “pintar” kepada musuh-musuhnya, dan setiap pengisi suara berhasil melancarkannya dengan… lancar. Dialognya menarik, ceritanya juga nggak jelek, tapi itu tadi, “belum cukup”. Kenapa? Karena seringkali Spider-Man ataupun musuh yang dihadapinya seperti hanya dapat mengucapkan beberapa kalimat tertentu! Yah, ketika pertempuran melawan “babu-babu”nya sih nggak masalah karena fokus kita agak teralihkan untuk menghabisi mereka, tetapi ketika boss battle? Ugh, can’t you two just shut up already?! Anda akan mendengar kalimat yang sama diucapkan berulang-ulang selama Anda belum berhasil mengalahkan bos yang bersangkutan! Mungkin itu sebabnya saya merasa agak “tegang” ketika hampir mengalahkan bos…

Fitur challenge, semacam tantangan yang dapat diselesaikan dan berbeda-beda tiap level, juga cukup menarik karena memberikan tambahan poin untuk upgrade skill. Tapi menyelesaikan 180 challenge untuk membuka semua upgrade yang tersedia? Bisa buat main berulang-ulang? Iya. Ngeselin? Iya juga!

"Order, order!", said Spidey as he struck down his hammer at his foes. Hah, I'm hilarious!

Dengan segala sisi positif dan negatifnya, Spider-Man: Shattered Dimensions merupakan game yang boleh dibeli jika Anda penggemar button-mashing/beat-em-up maupun penggemar Marvel/Spider-Man. Dan dengan sedikit cameo dari Spider-Ham, yaah game ini lumayan juga.

————————

Score:

Gameplay: 8.0 (Dengan variasi stealth ga bikin langsung bosan )

Graphic: 9.0 (Serius, masalah grafik, game ini keren punya!)

Story: 7.0 (Standar, Spidey just saved another day!)

Music & Sound: 8.5 (Tidak melihat sisi “pengulangan”, dialognya lucu)

Replay Value: 7.5 (Kalo bosen boleh juga)

Overall: 8.0 (Excelsior!)

SpiderManDimensions.marvel.com

11 Tanggapan so far

  1. 1

    beny said,

    bagusss…bagusss…bagus….

  2. 2

    devilhazard said,

    kk Vanguard..
    gw mw nanya niih..

    wktu aku mulai maen ni spiderman di PC, gamenya gak main dan minta d3dx9_43.dll
    aku langsung download n taro tu file dll di system 32
    tapi kok masih gk bisa main?
    waktu aku mau main lagi, tiba2 lyar monitor jadi itam, gw kira udah mau maen..
    eh malah kluar lagi…
    bisa bantu nggak???
    pliiiiiiiiis…

  3. 3

    Unit 076 said,

    @devilhazard:
    Coba install DirectX 9-nya lewat installer gamenya deh, karena kadang file DirectX itu game-spesific
    (sumber: http://asia.gamespot.com/forums/topic/27550735)

  4. 4

    dika said,

    kk
    problemnya sama truss udah instal direct lewat game nya tetep gak bisa

  5. 5

    Unit 076 said,

    @dika: Hmm saya nggak main di PC sih jadi kurang tahu.
    Mungkin bisa nanya-nanya di forum VGI
    http://www.videogamesindonesia.com/forum/forumdisplay.php?f=98

  6. 6

    danjo1402 said,

    @dika boleh tahu spesiikasi komputernya? kalo memang yakin semua install an beres coba di cek update vga nya,update vga bisa langsung ke website merk vga nya

    Nvidia : http://www.nvidia.com/Download/index.aspx?lang=en-us
    ATI/AMD : http://www.amd.com/sg/Pages/AMDHomePage.aspx

  7. 7

    holy mother spiderman shartted dimeension is cool wow here he is spiderman.spiderman noir.black suitd spiderman and spiderman 2099

  8. 8

    cool spiderman and we say spiderman shartted dimension great power come great riseponsseblity halo spiderman my name is fatih your power is great spiderman andv iwel come to imajenasion/fiucer
    ones a again i like spiderman shartted dimension my brother like spiderman shartted dimension i say and brother say is cool………

  9. 9

    […] kemarin beberapa waktu lalu empat orang Spider-Men beraksi dalam Spider-Man: Shattered Dimensions, maka kali ini sebentar lagi dua orang Spider-Men akan kembali beraksi dalam judul baru, […]

  10. 10

    Gio Tamahullah said,

    Kak..
    Knapa sich klo’ aq mainin SMSD nya c’lalu brpa kli pencetin action movement nya bru bsa beraksi…
    Capek jd mencetinnya..
    Reply pliiiiiizzz….

  11. 11

    Dycco Nur Soctmada said,

    kk di spider-man:shattered dimensions menurut kk bos mana yg paling susah?


Comment RSS

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: