Ucapkan selamat tinggal pada PSP2…


…karena pada Playstation Meeting 2011 tadi, mulai dari sekarang secara resmi PSP2 akan disebut sebagai NGP, “Next Generation Portable”— Masih codename sih, jadi ada kemungkinan kita bakalan memanggilnya PSP2 lagi.

Next Generation Portable!

Anyway, NGP ini menggunakan layar OLED multitouch sebesar 960px×544px, empat kali lipat lebih besar daripada pixel yang dimiliki PSP biasa! CPU-nya menggunakan prosesor quad-core ARM Cortex-A9 dan NGP ini berukuran 7.17 inci (lebar) × 3.29 inci (tinggi) × 0.73 inci (tebal)

Lengkapnya… after the break!

Kemudian spesifikasi lainnya:

  • Dua stik analog (yaaay!!)
  • 3G, 802.11 b/g/n Wi-Fi, Bluetooth 2.1+EDR, and radio GPS
  • Motion sensor yang digunakan pada Playstation Move
  • Touchpad multitouch dibelakang (ya dibelakang) sebesar layar depan
  • Kamera depan-belakang
  • Quad-core PowerVR SGX543MP4+ GPU

Aww yeah, touchpad...

Tidak percaya soal touchpad-nya? Saya juga tidak, apalagi setelah mendengar bahwa touchpad-nya dapat mengenali gerakan seperti “touch, grab, trace, push, and pull.” Menurut para developer, terasa sangat mudah untuk membuat game untuk NGP dan bahkan kekuatan yang dimiliki NGP tidak kalah dengan PS3. Sebagai buktinya, pada acara tadi Hideo Kojima menunjukkan cutscene dari game Metal Gear Solid 4 yang dapat dimainkan dari NGP!! WOOAAHH!!(Walaupun cuma cutsecene-nya, tapi tetap saja…)

Selain itu developer lain juga ikut unjuk gigi dengan memperlihatkan demo-demo game seperti: Uncharted dengan fitur touch-screen, Hot Shots Golf yang menggunakan sistem motion-sensor, Yakuza, Monster Hunter, dan Dynasty Warriors. Rumor ternyata ada benarnya, NGP meninggalkan sistem UMD untuk game, tetapi NGP akan menggunakan sistem cartridge yang digunakan untuk menyimpan data game, save-an, dan juga DLC-DLC. Sony juga telah menyebutkan bahwa NGP masih dapat digunakan untuk memainkan judul-judul game PSP, PSP minis, PSOne classics, serta video dan komik dari Playstation Store… walaupun sepertinya bukan merupakan masalah bagi pemain game di Indonesia, mengingat (pastinya) tidak banyak orang yang menggunakan fitur tersebut.

So yeah, 3DS or PSP2– I mean, NGP? Your choice, gamers.

———————————————————–

Sumber:

Destructoid.com

Playstation.com

1 Response so far

  1. 1

    […] This post was mentioned on Twitter by StoPlayinGame, StoPlayinGame. StoPlayinGame said: Tidak ada lagi yang namanya PSP2… sekarang hanya ada "Next Generation Portable"!!— Yah, paling tidak untuk… http://fb.me/PSZJ7nkP […]


Comment RSS

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: