Review Ghost Recon Wii


Saya pernah membeli game ini untuk teman saya dan karena katanya game ini cukup bagus, jadi saya coba saja beli untuk diri sendiri kali ini.

Ini review game Wii, lho. Sekedar mengingatkan...

Dan ya, ternyata game ini cukup menyenangkan.

Game ini bercerita tentang dua orang tentara pasukan khusus Ghost Recon, Hibbard dan Booth, dalam upayanya membantu memerdekakan Rusia dari pasukan Ultranasionalist.

Berbeda dari game Ghost Recon biasanya, game ini mengadopsi sistem “on-rail shooter” seperti Time Crisis, walaupun ada sedikit perbedaan. Berbeda dengan on-rail shooter biasa, di mana yang kelihatan di layar hanya reticule dan musuh-musuh, dalam Ghost Recon ini kita berasa seperti sedang memainkan game third-person. Anda akan bersembunyi dibalik benda-benda yang digunakan sebagai cover dan untuk menyerang, Anda dapat melongok keluar dari cover atau melakukan blind fire. Dan jika musuh-musuh di area tersebut sudah dihabisi, untuk melanjutkan Anda harus meng-klik tanda panah yang berada di cover berikutnya. Selama berjalan menuju cover, Anda dapat menggoyangkan Wiimote agar karakter berjalan lebih cepat atau menahan tombol Z untuk berjalan pelan. Ada juga fitur untuk mengaktifkan mode slow-motion kalau-kalau keadaan menjadi gawat, sangat berguna untuk misi-misi stealth.

Klik panah untuk maju

Untuk masalah variasi senjata tidak ada masalah, walaupun senjata yang dapat digunakan sudah ditentukan untuk tiap misi. Pada awalnya, Anda akan hanya menggunakan MP5 dan ketika sudah mencapai pertengahan permainan maka senjata yang tersedia untuk masing-masing pemain (Anda dan teman Anda) akan berbeda. Jika Anda lebih senang persenjataan berat, Anda dapat memilih menggunakan machine gun dan RPG, atau jika lebih menginginkan akurasi maka ada assault rifle dan sniper rifle. Dan ketika menjalani stealth mission, Anda hanya akan dilengkapi dengan pistol dan sniper rifle yang menggunakan silencer. Dan, jika Anda memperhatikan kover game ini, terlihat kedua tentara Ghost menggunakan Kriss Super V (atau TDI Vector), bukan? Sayangnya senjata tersebut tidak tersedia dalam game ini. Huuuu, payah!

Chillin' in the APC~

Tapi seperti yang terlihat pada screenshot-screenshot di atas, grafis game ini memang sangat dibawah rata-rata. Padahal kalau Anda melihat game-game on-rail lain (tidak usah jauh-jauh) seperti House of the Dead: Overkill, bisa dilihat mereka memiliki grafis yang kurang lebih sama, mengingat HotD keluar pada awal tahun 2009 dan game tersebut men-generate musuh yang banyak (walaupun memang kadang framerate-nya turun). Bahkan menurut saya HotD masih menang dalam masalah grafis! Memang kelihatannya developer third-party masih meremahkan kekuatan Wii. Nggak HD memang, tapi kan nggak sejelek ini juga!

AI kawan yang menggantikan pemain kedua juga sebenarnya cukup bagus dan bahkan lebih akurat daripada saya, tapi di beberapa misi kok malah seneng bengong? Kadang di misi stealth juga sangat nggak kompak, saya sudah bidik musuh yang ini kok dia malah nembakin musuh yang sama, eeh ketahuan musuh yang lain dan akhirnya harus mengulang berkali-kali…

Oh ya, saya hampir lupa menambahkan ini: voice-acting. Masalah VA, game ini lucu banget, masa VA (versi bahasa Inggris-nya) cuman tiga orang! Memang sih, tokoh penting yang muncul bisa dihitung dengan jari, cuman terkesan malas. Nggak percaya? Lihat saja credit title-nya! Belum lagi aksen Rusia yang sangat dibuat-buat dan suara si tokoh utama, Hibbard, yang sangat aneh. Suaranya sok berat kayak di game/film militer gitu lah, cuman jelek. Diperparah dengan tidak tersedianya subtitle, mampus deh. Hampir nggak ngerti saya mereka ngomong apaan…

Overall, walaupun game ini memiliki beberapa kekurangan, tapi jika Anda menginginkan game on-rail atau co-op yang cukup menyenangkan, beli saja game ini. Bajakan ini, nggak mahal-mahal amat… Dan yang jelas, game ini membuat saya makin nggak sabar menunggu Ghost Recon: Future Soldier untuk Xbox 360.

—————————

Score:

Gameplay: 7.0 (On-rail shooter with a liiitle twist)

Graphic: 6.0 (Aduh jelek amat siiih…)

Story: 6.0 (Standar “Ultranasionalist-thingy”)

Music & Sound: 6.5 (Musik oke, VA rusak!)

Replay Value: 7.5 (Cukup menyenangkan)

Overall: 7.0 (Faktor paling penting dalam game: FUN!)

Website:

GhostRecon.uk.ubi.com

%d blogger menyukai ini: