E3 2011: Nintendo


Itu konsolnya kecil amat yak?

Konferensi pers Nintendo dimulai pada 7 Juni jam 9 AM PDT, diawali dengan rekap ulang tahun lalu dan mengingatkan bahwa eShop untuk 3DS sudah bisa di akses pada malam sebelumnya.

Kemudian mereka menunjukkan video yang menggambarkan perjalanan game Zelda dari jaman baheula hingga sekarang, untuk memperingati ulang tahun Link yang ke-25, sambil diiringi lagu tema Skyward Sword. Shigeru Miyamoto datang dan membungkukkan badan kehadapan para pengunjung. “Itu jelas membawa kembali kenangan” katanya, sambil menunjuk ke layar. Dia mengatakan bahwa tahun lalu merupakan ulang tahun Super Mario ke-25, dan tahun ini Zelda. Ia menjanjikan game Zelda untuk setiap konsol Nintendo, dimulai pada saat konferensi pers, Link’s Awakening sudah tersedia untuk Virtual Console dan pada minggu berikutnya, Ocarina of Time. Sementara itu Four Swords dapat di-download secara cuma-cuma untuk pengguna 3DS. Dan Skyward Sword will akan mendapat Wii Remote berwarna emas ketika dirilis nanti.

Konser simfoni yang memainkan lagu-lagu Zelda akan diadakan di tiap region (hmm, bakal main di Indo ngga ya?) pada musim gugur ini untuk merayakan ulang tahun ke-25. Selain itu, Nintendo juga akan merilis dua CD musik. Soundtrack Ocarina of Time akan tersedia bagi yang sudah me-register game-nya di Club Nintendo, sementara itu CD kedua akan dirilis bersamaan dengan Skyward Sword. Event lain juga sudah direncanakan, jadi Anda dapat berharap untuk pengumuman lain di akhir tahun ini. Kemudian Miyamoto mengundang rekanan dalam game Zelda naik ke panggung, Takashi Tezuka, Yoshiaki Koizumi dan Eiji Aonuma, untuk berterima kasih kepada mereka atas kerja kerasnya. Dia kemudian berterima kasih kepada kita semua untuk bermain dan pergi setelah membungkuk dalam-dalam.

Satoru Iwata mengambil alih panggung. Dia menjelaskan bagaimana Nintendo telah merubah siapa yang bermain, bagaimana mereka bermain serta dimana mereka bermain. Batasan-batasan sudah mulai “terhapus”, tapi batasan mental masih terwujud dalam bentuk hardware. Dia mencari cara untuk membuat sebuah sistem yang akan memuaskan baik gamer casual maupun hardcore. Dia menyarankan dua kata: Deeper dan Wider (yang tentu saja kalau dalam bahasa Indonesia jadinya tiga/empat kata: Lebih Dalam dan [Lebih] Luas)
Kemudian dia memastikan jadwal rilis pada 2012 untuk Project Cafe! Yap, disini masih belum diungkap lebih lanjut soal Project Cafe…

Sekarang mereka membahas 3DS. Mereka menunjukkan trailer untuk Mario Kart, Starwing, 3D Mario, Kid Icarus dan Luigi’s Mansion. Menurut saya, inilah senjata mereka untuk mendongkrang penjualan 3DS menjadi semakin tinggi.
Kemudian Reggie Fils-Aime naik ke panggung, memastikan jadwal rilis untuk kelima game tadi. Mario Kart 3DS akan keluar pada Natalan nanti, Starfox rilis September untuk pasar AS, game side-scrolling 3D Mario akan dapat dinikmati sebelum 2012, Kid Icarus: Uprising menyediakan pertempuran menggunakan kartu AR antara Pitt dan Medusa serta 3vs3 untuk multiplayer akan dirilis akhir tahun, dan Luigi’s Mansion 2… yang belum jelas. Setelah itu ditunjukkan game-game third-party, seperti Resident Evil: Mercenaries, Mario & Sonic at the 2012 Olympic Games, Ace Combat 3D, Tetris (yeeep, Tetris), Cave Story 3D, Resident Evil Revelations, Driver Renegade, Pac-Man & Galaga Dimensions, Tekken 3D (woa, Tekken untuk 3DS? Sedikit mengejutkan) dan Metal Gear Solid Snake Eater 3D (yang ini juga mengejutkan). Anda juga dapat men-download trailer and demo melalui eStore. Serta game-game klasik akan tersedia di Virtual Console. Dan menutup berita 3DS, yaitu 3D Pokedex! Melalui fitur AR dan sharing gambar lewat SD card dan PC, Anda akan bisa melakukan “Gotta Catch ’em All” tanpa perlu memainkan game Pokemon itu sendiri. Dan 3D PokeDex tidak akan tersedia disembarang toko – hanya di eStore. “Ini hadiah kami untuk Anda,” kata Reggie.

Kemudian berita yang ditunggu-tunggu…
“Anda mungkin ingat bagaimana nama ‘Wii’ mulai masuk akal ketika Anda mulai mendengarnya sebagai ‘Wii,” kata Reggie. Sayangnya, menurut saya nama Wii itu masih cukup konyol hingga sekara—
“Selamat datang di dunia ‘Wii U’.”
What the… Nintendo benar-benar pintar dalam menamai “proyek” mereka. Project Dolphin, Project Revolution, Project Cafe… Project-or sekalian!

Aaaanyway… Mereka menunjukkan kontrolernya (ya, kontrolernya. Mesin konsolnya agak terlupakan). Bentuknya seperti kontroler Dreamcast, tapi lebih besar, (sedikit) lebih konyol, ada motion-sensor nya, dan touch screen. Seperti iPad, tapi lebih keren (serius, menurut saya ini lebih keren dari iPad). Anda bahkan bisa memproyeksikan game di layar TV ke layar di kontroler! Iwata menambahkan, kontroler tersebut akan memiliki getar, empat tombol “pundak”, touch screen, microphone, speaker, accelerometers, gyroscope and kamera. Wii U akan segera dirilis tahun depan. Ya, 2012. Jadi kalau Anda mau beli Wii… mending tunggu Wii U sekalian!!

Kemudian Reggie kembali untuk menunjukkan tech demo, seperti video di atas dan game New Super Mario Bros Mii, Chase Me. Sayang sekali game-game itu hanya demo untuk menunjukkan kekuatan Wii U…

Nah kemudian “game asli” yang akan dirilis. LEGO City Stories (apaan nih Liberty City Stories versi LEGO?)… dan Darksiders 2, Batman Arkham City, Ghost Recon Online, DiRT, Aliens: Colonial Marines, Metro Last Light. …Serius?! Belum selesai, masih ada Tekken dan Ninja Gaiden 3: Razor’s Edge. Dang.
“Ini dapat memuaskan semua selera” kata Iwata. Damn straight.
CEO dari EA, John Riccitiello naik ke panggung. Dia bilang Wii memberikan grafis HD yang brilian. Dia tidak sabar untuk melihat game EA untuk tampil di Wii U.
Reggie muncul lagi dan bicara bagaimana DS telah merubah cara bermain. Kemudian Wii. Tahun lalu kita lihat bagaimana 3D tanpa kacamata merubah cara bermain game… dan sekarang, Wii U “hanyalah permulaan”.

Dia berterima kasih kepada setiap orang yang hadir dan pergi, setelah mengatakan ‘let the exploration begin’.

3DS

  • Kid Icarus: Uprising (Nintendo)
  • Luigi’s Mansion 2 (Nintendo)
  • Mario Kart (Nintendo)
  • Metal Gear Solid: Snake Eater (Konami)
  • Super Mario (Nintendo)
  • Paper Mario (Nintendo)
  • Resident Evil: Mercenaries (Capcom)
  • Resident Evil: Revelations (Capcom)
  • Starfox 64 (Nintendo)

 

Wii U

%d blogger menyukai ini: