Unearthed: Trail of Ibn Batuttah, game pertama Arab Saudi


Proyek ambisius dari Saudi Arabia

Semaphore, anak perusahaan Semanoor International di Saudi Arabia, telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah game multi-platform berjudul Unearthed: Trail of Ibn Battutah dan juga permainan multiplayer online untuk jaringan media sosial (Unearthed Online), dimulai dari Facebook .

Unearthed: Trail of Ibn Battutah merupakan game third-person action-adventure dengan setting Timur Tengah modern yang disajikan dalam format episodik dan akan tersedia dalam bahasa Arab dan Inggris. Game multi-platform ini akan dirilis ke (hampir) semua platform yang dapat digunakan untuk bermain game, termasuk: PC, Mac OSX, iPhone, iPad, iPod Touch dan Android (tidak terkecuali konsol Xbox 360, PS3, dan Wii).

Proyek yang sangat ambisius! Lengkapnya (plus teaser, dan demo gameplay) dapat Anda lihat dan baca, setelah pariwara berikut ini.

Walaupun dibilang bakal keluar di PS3, Xbox 360, atau Wii… jangan senang dulu! Karena versi konsolnya merupakan game download-an yang akan tersedia di Playstation Network, Xbox LIVE Arcade, dan WiiWare. Nggak bohong memang dan tetap harus diakui ambisi mereka merilis game ini sebagai game multi-platform.

Game ini menggunakan engine Unity dan akan menjadi salah satu game yang menggunakan engine Unity yang pertama dirilis untuk PS3.

HUD-nya terlihat... familiar

Bercerita tentang petualangan pemburu harta dari Arab yang bernama Faris Jawad serta adiknya, Dania, yang merupakan seorang arkeolog menyusuri jejak seorang petualang Muslim terkenal, Ibnu Batutah. Selama perjalanan, mereka akan berhadapan dengan pemimpin pasukan milisi, seorang dealer senjata dan penyelundup barang antik yang mengejar tujuan yang sama.

“Kami sangat gembira untuk memperkenalkan video game multi-platform pertama Arab Saudi kepada dunia, kami bertekad untuk memberikan pengalaman next-generation yang layak untuk kisah menakjubkan dari Ibnu Batutah” kata Emad Fahad Aldoghaither, presiden Semanoor Internasional.

“Kami pada dasarnya merupakan pencerita dan kita merasa bahwa kita memiliki banyak cerita besar yang didasarkan pada sejarah Timur Tengah asli di wilayah ini dan kami berusaha untuk memberitahu mereka menggunakan teknologi modern yang terbaik, komponen utama untuk melakukannya adalah engine Unity dan keluwesan yang ditawarkannya memungkinkan kita untuk mengulang sesuatu dengan cepat dan menjadi produktif” kata Ahmad Jadallah, Direktur Pengembangan Semaphore serta penulis dan director game ini.

Yah paling tidak akhir-akhir ini sepi platformer

“Kami sangat antusias melihat bahwa konten komersil PlayStation 3 diciptakan melalui Unity dari sumber-sumber baru yang biasanya tidak biasanya kami hubungkan dengan pengembangan game yang high-end” kata Steffen Toksvig, presdir Engineering dari Unity Technologies.

Sementara itu, Unearthed Online merupakan game free-to-play browser based sampingan yang mengedepankan komponen multiplayer, dan sekarang sudah bisa dilihat di Facebook.

Yah bisa dilihat memang kemiripannya dengan Uncharted (desain karakter utama, HUD, judul, dan sedikit bagian dari cerita), tapi seperti kata orang:

Plagiarism is the sincerest form of flattery

—————————————-

Sumber:

Gamasutra.com

N4G.com

Website:

Sema-phore.com

Unity3D.com

UnearthedGame.com

UnearthedOnline.com

1 Response so far

  1. 1

    […] kemarin Saudi Arabia sedang membuat game yang sampai masuk headline, sekarang giliran […]


Comment RSS

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: