TGS: Mari berbicara soal PSVita!


Huge stuff going on here...

Dalam post ini, saya akan membahas soal handheld terbaru keluaran Sony, PSVita! Yaay!

Kenapa saya begitu senang? Karena berdasarkan semua informasi yang telah saya baca dan lihat, PSVita terlihat sangat bagus. Mulai dari desain, software, hingga pilihan gamenya. Ada sedikit kekurangan jelas, tapi dapat dimaklumi. Anyway, really hype’d and I hope I could get one next year~

Untuk pembukaan, tanggal rilis resmi PSVita untuk Jepang sudah ditentukan, yaitu pada 17 Desember dan diberi harga 29.980 yen (Rp.3.421.525,00) untuk versi 3G atau 24.980 yen (Rp.2.850.875,00) untuk versi Wi-Fi. Dan pada 15 Oktober nanti, kalian para orang Jepang yang beruntung sudah bisa melakukan pre-order!

Hit the jump for (much) more PSVita information!

Yang kecil itu tuh... sebelahnya box

Seperti yang kita ketahui, PSVita tidak akan men-support UMD dan akan menggunakan cartridge untuk meyimpan data game, mulai dari save-an, DLC, dan game itu sendiri. Dan cartridge tersebut diberi nama “NVG”. Kepanjangannya? Entahlah, Sony memang belum bicara banyak soal NVG ini.

Dan yang paling penting, berdasarkan jawaban Twitter dari bos Sony Computer Entertainment Worldwide Studios dan pembicara Tokyo Game Show Shuhei Yoshida, PSVita IS region-free!! Aww, yeah! Udah nggak sabar? Import away! Sabar nunggu sampai peluncuran versi NA/EU tapi ada game yang nggak bakal rilis di luar Jepang? Import ahoy!! Walaupun memang pada dasarnya emang barang impor karena nggak bakal ada peluncuran di Tanah Air, but hey you get my point, right?

UMvC3!!

Dan tentu saja berbicara soal game impor (yang masalah video, screenshot, dsb akan dibahas di post lain), Sony memang memiliki niat yang kuat dan kelihatan hasilnya! Launch title Jepang untuk PSvita sudah ditetapkan mencapai 26 judul game, dan lebih dari 100 judul lagi akan menyusul dalam waktu dekat. Macam Ultimate Marvel vs. Capcom, Hot Shots Golf 6, dan Wipeout 2048. Kemudian Tales of Innocence R, Gravity Daze (ini yang saya tunggu), Metal Gear Solid HD, FIFA, dan LittleBigPlanet akan menyusul.

Nantinya akan tersedia sekitar 500-600 game PSP downloadable yang juga kompatibel dengan PSVita, lengkap dengan fitur dual analog sticks dan layar OLED-nya yang amat apik. Dan bagi pembeli game UMD, Sony mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan versi digital untuk penggantinya. Jadi Anda bisa men-download game UMD Anda.

Selain game-game tersebut, Sony juga telah mempersiapkan “permainan” lain untuk PSVita. Kumpulan mini-game yang disebut sebagai Welcome Park ini digunakan untuk mempelajari penggunaan touchscreen, back touch panel, tilt sensors, dan fitur lainnya.

Untuk mempelajari touchscreen, misalnya. Kita diharuskan untuk memencet angka-angka yang muncul di layar. Atau meja berputar dengan bagian yang bisa “dikupas” untuk membiasakan Anda dengan sistem “touch-and-pull”.

Ada juga tutorial untuk touchscreen bagian belakang. Dengan men-tap bagian belakang Vita kita dapat memasukkan bola ke lubang. Dan sesuai kerasnya kita men-tap, maka bola juga akan naik lebih tinggi. Tutorial untuk tilt-sensor menampilkan seseorang bermain skateboard. Dengan menggoyangkan Vita, orang tersebut akan melompat.

Kamera juga tidak ketinggalan. Anda dapat memotret gambar dan menjadikannya sebagai slide puzzle. Dan terakhir, dengan menggunakan mikrofon kita dapat merekam dan memutar ulang suara dalam mini-game tersebut.

PSVita juga dapat multi-tasking dan sudah dilengkapi dengan web browser, Facebook, Twitter, foursquare dan Skype, serta fitur Friend yang menggunakan akun PSN sehingga Anda dapat mengirim pesan kepada teman Anda yang menggunakan PS3. Trophy juga bisa dibandingkan dengan teman Anda.

Dan agak nggak penting, tapi Sony juga menyediakan berbagai macam aksesoris resmi seperti strap, kabel USB, adapter charger, penyangga, pouch, penyimpan MMC, bahkan lap pembersih

Tapi tentunya hardware se-perfect ini masih memiliki kekurangan, dan salah satunya terletak dimasalah baterai.

Dalam setting normal, brightness standar dan Bluetooth mati, PS Vita hanya mampu dimainkan selama tiga hingga lima jam saja dan belum termasuk penggunaan network play. Selain untuk bermain game, baterai dapat bertahan selama lima jam untuk memainkan video dan sembilan jam untuk memainkan musik dalam mode stand-by.

“Durasi dapat berubah tergantung pada kecerahan layar, konten apa yang dimainkan dan jika fitur jaringan (3G/Wi-Fi) sedang digunakan atau tidak,”

Untungnya waktu charge tidak begitu lama, hanya dua jam dan 40 menit dari baterei kosong hingga penuh. Dan Sony juga telah memberikan tawaran untuk memperpanjang jangka waktu permainan dengan baterai eksternal yang mampu menambah waktu penggunaan hingga 6-10 jam.

Kemudian, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya PSVita memang tidak akan menggunakan UMD dan menggunakan semacam cartridge untuk gamenya, tapi PSVita sendiri memiliki kapasitas memori internal yang sangat terbatas, dan memaksa kita membeli MMC untuk menyimpan data sistem. Sony telah memberikan detil soal empat memory card yang bakal kompatibel dengan PSVita dan akan dirilis bersamaan dengan Vita pada Desember nanti. 4GB seharga 2,200yen (Rp.250.000 an), 8GB seharga 3,200yen (Rp.360.000 an), 16GB seharga 5,500yen (Rp620.000 an), dan 32GB yang mencapai 9,500yen (Rp1.000.000 an lebih!)

—————————————————————–

Sumber:

Destructoid.com

Kotaku.com

G4TV.com

PSP.about.com

%d blogger menyukai ini: