Ragnarok Online Hadir untuk PSP!


Tidak persis bisa dibilang “Ragnarok Online” sih, soalnya tidak online. Tapi lebih menyerupai game adaptasi Ragnarok Online (RO).

Berjudul Ragnarok: Imperial Princess of Light and Darkness, GungHo Entertainment sekali lagi membuat spinoff dari game Ragnarok Online–yang sempat booming di Indonesia dari tahun 2004–untuk handheld PSP. GungHo Entertainment adalah penyedia server Ragnarok Online di Jepang, dan sudah beberapa kali berpengalaman membuat spinoff Ragnarok Online (Ragnarok DS, Ragnarok Online II, Ragnarok Online: Violet).

Princess of Light and Darkness mengambil genre turn-based strategy RPG, di mana pemain menggerakkan karakter dalam grid-grid secara bergantian. GungHo menggunakan sistem A.I.Z. (alternative-if zapping) dalam alur cerita PoLD. Artinya, pemain akan bermain dan menjelajah cerita dengan beberapa sudut pandang karakter yang berbeda.

Jadi akan ada beberapa rute cerita yang harus dilalui oleh pemain untuk menamatkan PLoD. Mungkin yang sudah pernah memainkan Suikoden III akan akrab dengan sistem seperti ini (di Suiko III juga ada yang disebut sebagai “Trinity Sight System”).

Tidak seperti RO, pemain tidak menciptakan karakternya sendiri, melainkan memainkan karakter yang sudah ada. Tiga karakter utama dalam PLoTD adalah Torene, seorang Champion berumur 34 tahun; Cynthia, gadis High Wizard berdarah bangsawan; Yuri, remaja Lord Knight yang berumur 19 tahun; dan Adelaide, seorang putri dari keluarga kerajaan, anak dari King Bernard III.

Dari artwork yang terkuak, ada lagi dua karakter misterius: seorang gadis dengan pakaian biru dan seekor Baphomet.

Menyesuaikan dengan game aslinya, PLoD juga menawarkan berbagai job seperti di Ragnarok Online. Tiga karakter utama PLoD sudah memiliki job transcendent (Lord Knight, Champion, dan High Wizard), namun juga tersedia job lain seperti Paladin. Sebagai tambahan, GungHo juga menawarkan job yang tidak ada pada game aslinya: Shaman, Dark Knight, dan Kafra (!). Job Kafra bahkan bisa menggunakan gatling gun.

Sistem pertarungan di PLoD mengunggulkan teamwork. Pemain bisa menggunakan serangan spesial secara beruntun setelah mengaktifkan overdrive. Akan ada meteran yang menandakan kapan serangan combo, yang nantinya juga bisa dikombinasikan dengan serangan bersama karakter lain menggunakan fitur Burst Strike.

Ragnarok: Imperial Princess of Light and Darkness dijadwalkan akan dirilis demonya pada tanggal 24 Oktober 2011. Belum ada kabar lain mengenai tanggal pasti rilis full version.

Akankah game ini semenarik aslinya dan lebih berhasil dari Ragnarok DS? Mari kita nanti kelanjutan kabarnya.

Situs resmi: http://raghika.jp/

1 Response so far

  1. 1

    […] GungHo Entertainment sedang menyiapkan game spinoff dari Ragnarok Online untuk PSP, berjudul Ragnarok: Imperial Princess of Light and Darkness. Game ini bergenre turn-based strategy RPG dan akan memiliki fitur A.I.Z. (alternative-if zapping) […]


Comment RSS

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: