Hands-on: Battlefield 3 multiplayer beta


Hands-on!

Battlefield 3 belum akan keluar hingga 25 Oktober, jadi untuk meningkatkan hype dan membuat para pemain dapat merasakan sedikit keasyikan bermain Battlefield 3, EA sudah merilis multiplayer beta sebesar 3.3 GB untuk PC dan 1.3 GB untuk Xbox 360 dan PS3 sejak 29 September kemarin. Saya sudah sempat memainkannya, dan menurut saya lumayan menyenangkan, walapun masih ada kendala seperti glitch, server yang kurang stabil dan pilihan map yang kurang menggambarkan pertempuran kolosal yang sudah menjadi ciri khas dalam franchise Battlefield.

Belum lagi masalah Origin, platform distribusi digital baru milik EA…

(dan oh ya, saya sudah lama nggak menulis review jadi sepertinya skill menulis saya agak berkurang. Mohon dimaafkan)

EDIT: Dan perlu diingat, DICE telah menyatakan bahwa Battlefield 3 tidak kompatibel dengan Windows XP

Berhubung Origin ini adalah hal yang baru bagi EA, saya masih memaklumi “kekurang-nyamanan” yang saya rasakan selama menggunakan program tersebut. Dan berhubung mulai sekarang Anda akan memerlukan Origin untuk memainkan game-game keluaran EA (tidak menghitung bajakan), saya sekalian akan memberikan step-by-step cara instalasi Origin dan memainkan beta Battlefield 3.

  1. Buka Store.Origin.com
  2. Buka laman Battlefield 3 beta (bisa melalui pilihan “Free Games”), dan pilih “Get it now”. Akan muncul window yang mengatakan Anda perlu men-download Origin. Download dan ikuti petunjuknya.
  3. Jika Origin sudah ter-install di komputer Anda, buka dan pilih tab “Store”. Klik banner yang bertuliskan Battlefield 3 beta, maka Anda akan dibawa kembali ke tab “Games” dan download pun akan segera berjalan.
  4. Jika sudah selesai download-nya, maka Anda diharuskan untuk men-download driver baru untuk graphic card Anda. Tinggal ikuti saja petunjuknya.
  5. Untuk mencari server atau matchmaking, Anda harus melakukannya melalui layanan Battlefield Battlelog. Untuk akses pertamakali, ANda harus men-download add-on untuk browser Anda.
  6. Enjoy!

Banyak bener yang harus di-download ya? Nah itu dia salah satu masalah saya dalam menggunakan Origin, belum lagi programnya sendiri suka agak lemot dan kadang-kadang saya suka susah login dan membuka tab Store. Untuk Battlelog, walaupun untuk sementara ini masalah navigasi halaman masih agak membingungkan, saya harus acungi jempol untuk ide mencari server (sekaligus melihat status permainan) melalui web browser.

Battlelog telrihat cukup efisien!

Nah tanpa basa-basi lagi sekarang saya akan berbicara soal Battlefield 3!

Bagi yang sudah pernah memainkan mode multiplayer Battlefield: Bad Company 2 ataupun Medal of Honor, tentu tidak akan merasa asing dengan gameplay Battlefield 3. Map yang cukup luas dan dipenuhi dengan tanaman-tanaman maupun bangunan-bangunan yang bisa “tercungkil” — bahkan hancur atau berlubang– jika terkena tembakan-tembakan maupun ledakan granat ataupun RPG menjadi tempat pertempuran yang sangat mengasyikan dalam game FPS bernuansa militer ini.

Dalam multiplayer beta ini, kita hanya disuguhkan sebuah mode permainan yang disebut sebagai “Rush”, di mana terdapat dua tim. Yang satu berusaha untuk menghancurkan beberapa kotak yang disebut M-COM dan tim satunya berusaha untuk mempertahankan M-COM tersebut. Pertandingan usai jika tim penyerang berhasil menghancurkan tiap M-COM musuh atau tim bertahan berhasil menghabiskan reinforcement point tim penyerang.

Pew pew

Untuk grafis tentunya tidak usah diragukan lagi. Animasi karakter terlihat cukup dinamis, seperti ketika melompati pagar atau merayap, gerakan tangan karakter terlihat hidup. Dan saat merayap senjata juga terlihat berbobot ketika magazin menyentuh tanah. Ketika karakter mati pun ada sedikit efek animasi, walaupun untuk bagian ini sepertinya DICE harus menambahkan animasi baru karena agak aneh kalau efek mati tertembak dan terkena ledakan sama saja.

Yang seru juga kilatan cahaya dari scope musuh bisa kita gunakan untuk counter-snipe. Dan kali ini, senter dan laser pointer dapat digunakan untuk membutakan musuh (baca: layar kita/musuh menjadi sangat terang), selain untuk membantu melihat di kegelapan atau membidik dengan lebih akurat. Kita juga bisa melakukan suppressing fire dengan menembak terus-menerus ke arah musuh, membuat layar mereka menjadi buram. Nggak harus kena, yang penting serangannya konstan.

Sayangnya seperti yang saya bilang sebelumnya, beta ini masih sangat bermasalah. Walaupun saya belum kena glitch separah ini, tapi beta ini memang dipenuhi glitch. Mayat yang nggak mau diam, leher karakter jadi panjang pas lagi merayap, musuh yang masih hidup terlihat seperti sudah mati, dan sepertinya masih banyak lagi. Dan juga server-server yang ada sangat tidak stabil sehingga saya sering kali terputus dari server bahkan sebelum satu ronde pun selesai. Itu saja saya sudah milih server Australia, jadi ping yang (luar biasa) besar juga tidak begitu masalah.

Pilihan map yang tersedia juga cukup aneh. Untuk beta ini, EA dan DICE hanya memberikan pilihan map Operation: Metro, map yang cukup kecil untuk ukuran Battlefield dan sayangnya kehilangan fitur yang membuat serial ini terkenal: pertempuran kendaraan. Map Caspian Border yang jauh lebih luas (dan tentunya memiliki kendaraan) sebenarnya juga ada, tapi servernya diberi password dan selalu penuh…

Dan walaupun saya cukup menyukai Battlelog karena kita tidak perlu membuka menu game lagi, sayangnya hal itu juga menjadi masalah tersendiri. Karena tidak ada “main menu” kita harus mengubah setting-an game ketika sedang dalam pertandingan. Bahkan saya saja bingung bagaimana cara membuka menu dan mengutak-atik setting-an yang “seharusnya” langsung tersedia. Semoga saja sistem Battlelog merupakan opsi pilihan dan kita tidak diwajibkan menggunakan sistem ini.

Pertempuran di stasiun kereta bawah tanah

Yah, tidak heran kalau memang masih banyak kekurangan karena ini adalah beta, cuma sebagai gambaran kecil untuk game lengkapnya. Lagipula dari yang saya dengar, beta ini merupakan build lama dan untuk mengurangi file size, DICE harus memangkas beberapa efek “kehancuran” dan juga grafisnya.

Overall, beta ini memberikan gambaran yang cukup menyenangkan bagi saya dan membuat saya cukup bimbang apakah perlu beli kopian ori untuk PC atau tidak. Beta ini akan tersedia hingga 10 Oktober nanti, jadi bagi yang sudah nggak sabar Anda bisa langsung men-download-nya!

5 Tanggapan so far

  1. 1

    Lerion Hequallzen said,

    Maaf, gan..mo tnya..ane dah donlod dr Origins..tp pas ane klik “Ready To Install”,,kok dia ga jalan ya..tulisan’y brubah ke “Installing” sebentar trus balik lg ke “ready to install”..gmna yaa?? Tuk info,,saya pake Windows XP 32bit..RAM 2GB..VGA 9400GT 512MB…mohon pencerahannya..trimakasih…

  2. 2

    Unit 076 said,

    @Lerion Hequallzen: Wah maaf bro, katanya Battlefield 3 emang nggak kompatibel sama Windows XP karena udah nggak mendukung DirectX 9 tuh.

    Frostbite 2 is primarily developed for DX11. XP & DX9 is _not_ supported, 64-bit OS is recommended. Lots of time to upgrade if you havent!

  3. 3

    daniel said,

    kalo game bajakan bisa gan?

  4. 4

    Unit 076 said,

    @daniel: Bajakan ga bisa online bos

  5. 5

    […] dirilis pada 25 Oktober 2011 untuk PC, Xbox 360, dan PS3. Dan dari apa yang telah saya rasakan dari multiplayer beta-nya, game ini akan benar-benar […]


Comment RSS

Komentar ditutup.

