SCIENCE: Pistol laser sebagai pertahanan melawan bajak laut


Bukan hanya teknologi gadget untuk meningkatkan kualitas bermain game saja, tapi kami juga akan membahas berita-berita tentang kemajuan sains dan teknologi secara umum dalam kategori SCIENCE

———————————————————————-

Foto dari DefenseReview.com

Kalau kalian hobi menonton film-film science fiction macam Star Trek atau Star Wars, pasti sudah tidak asing lagi dengan pistol laser, walaupun aplikasi di dunia nyata mungkin tidak akan seperti laser di film-film tersebut. Merupakan kepanjangan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, laser intinya adalah sinar yang dimampatkan sehingga menghasilkan pancaran radiasi melalui gelombang elektromagnetik… kurang lebih begitulah, kalau salah betulkan saya.

Perkenalkan XADS TR3 Laser Rifle. Dikembangkan oleh Xtreme Alternative Defense Systems (XADS) dan SPA Defense, senjata TR3 Laser Rifle dapat memancarkan laser hijau yang mampu “menyerang” pandangan musuh Anda dalam jarak 1km di siang hari dan lebih jauh lagi hingga 2.4km pada malam hari. Senjata ini dibuat sebagai salah satu alat pertahanan maritim karena jaraknya dan karena senjata ini dapat menyerang lebih terfokus dibanding dengan senjata api biasa.

Tingkat kekuatan laser TR3 dimulai dari 2.5 watt untuk kekuatan minimum hingga 3.0 watt yang merupakan kekuatan maximum. Menggunakan baterai rechargeable lithium ion polymer, senjata ini dapat digunakan selama 30 menit lebih secara terus-menerus. Anda dapat mengatur intensitas kekuatan laser agar cahayanya lebih terpencar dan menyerang wajah atau membuatnya lebih terfokus hingga dapat membakar retina.

Sebenarnya penerapan laser sebagai senjata bukanlah hal baru. AS juga mengembangkan sebuah senjata laser penghancur misil yang dipasang pada pesawat Boeing 747. Tapi penggunaan laser dalam bentuk sekompak pistol? Masih termasuk baru.

————————————————-

Sumber: DefenseReview.com (http://s.tt/13fnR)

%d blogger menyukai ini: