Hands-on: Counter-Strike: Global Offensive Beta


Counter-Strike: Global Offensive merupakan game digital 100%, yang berarti nggak bakal keluar versi CD-nya. Ya termasuk untuk versi Xbox 360 dan PS3. Sejauh ini masih hanya ada closed beta yang diberikan secara acak melalui platform distribusi digital Steam, jadi kecuali Anda punya program dan akun Steam maka nggak mungkin Anda bisa memainkannya.

Agak menyimpang dikit: Menurut saya sama sekali nggak ada salahnya Anda men-download Steam jika Anda mengaku sebagai PC gamer. Selain layanan ini gratis, sering banget ada diskon buat game-game yang tersedia mulai dari game indie sampai game retail!

Anyway, let’s get read the hands-on, shall we?

Damn terrorist

Perihal gameplay nggak banyak yang berubah, you buy guns now shoot things up. Tapi kali ini pertandingan terasa lebih intens dan cepat dengan damage senjata yang lebih besar dan map-map revisi yang lebih claustrophobic. Rute-rute baru juga ditambah untuk “memaksa” pemain mengubah strategi permainan mereka. Skin karakter pun disesuaikan dengan map. Kita tidak bisa memilih skin tapi tetap memiliki beberapa variasi.

Pada masa beta ini Valve menyediakan 4 mode permainan yang berbeda: Arms Race, Demolition, dan Classic Casual-Competitive

Dalam Arms Race, kita nggak bisa beli senjata dan satu-satunya cara untuk mendapatkan senjata baru adalah dengan membunuh musuh. Demolition mirip dengan Arms Race, hanya saja senjata baru akan berubah dironde selanjutnya dan cara memenangkan suatu ronde nggak hanya lewat saling bantai saja tapi juga menanam/men-defuse bom. Terakhir, sesuai namanya, peraturan dalam mode Classic itu sama dengan permainan CS pada umumnya. Yang membedakan Casual dengan Competitive yaitu adanya friendly fire, item yang tersedia, dan player collision.

Molotov lumayan buat bikin musuh nyebar

Terdapat beberapa senjata baru, beberapa hanya re-skin atau menggantikan tapi selain itu juga ada senjata/granat baru seperti molotov yang jika dilempar bakal menyebarkan api selama beberapa detik dan sebuah stun gun yang memberikan efek one-hit kill. Pisau kelihatannya lebih berguna kali ini dengan damage yang besar dan juga bisa mengakibatkan one-hit kill.

Nyoba Arms Race, ga ada server. Yaudah main sama bot /sadface

In terms of how the game looks, CS:GO memiliki menu yang lebih streamlined jika dibandingkan dengan game-game keluaran Valve sebelumnya sehingga memudahkan pemain baru untuk memasuki permainan melalui adaptasi menu seperti yang digunakan game-game FPS mainstream seperti Call of Duty atau Battlefield. HUD juga banyak berubah. Avatar pemain kelihatan diatas, achievement bakal nongol ditengah layar. Begitu pula dengan buy menu-nya, seperti pada gambar sebelumnya yang menampilkan menu roda. Memang agak susah untuk beradaptasi pada menu baru tapi saya rasa ini lebih menarik mata dan efisien.

Selain itu, satu fitur penting yang patut dibahas adalah: Jika ada bot yang aktif pada permainan online, orang yang sudah mati bisa memainkan bot tersebut. Fitur yang sangat bagus menurut saya, sehingga pemain manusia bisa terus aktif dan mencegah orang untuk melakukan camping.

Akhir kata, menurut saya ini adalah CS yang memiliki perubahan paling banyak dibanding seri-seri sebelumnya. Dari CS 1.6 ke Condition Zero hingga Source. Game ini masih terasa seperti CS tapi disaat yang bersamaan tetap bisa memberikan pengalaman lain — yang cukup menarik, dengan upgrade signifikan diberbagai bidang.

Saya bukan “fotografer” yang handal, tapi silakan nikmati beberapa screenshot lainnya!

Serem aje bro mukanya

Yap, ini di de_dust lho

Masih di de_dust (yeah I died a lot, I blame lag)

Open beta masih TBA 2012 dan Counter-Strike: Global Offensive akan dirilis untuk Xbox LIVE, Playstation Network, dan PC pada musim panas 2012.

2 Tanggapan so far

  1. 1

    Andy said,

    Gan Orng Bertopeng Itu Namanya “Phoenix connexion”

  2. 2

    Unit 076 said,

    @Andy: Tetep bagian dari teroris to?😛


Comment RSS

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: